Anda pasti pernah memainkan game ini yang sangat tenar pada masanya, dan bahkan saling adu banyak skor sehingga anda jadi lupa langit dan lupa daratan? Kali ini, saya bukan membahas game yang sudah jutaan kali didownload itu. Namun, kali ini saya share remake yang saya buat dari game tersebut sehingga bisa anda mainkan di PC anda!
Game klonengan dari game yang sangat terkenal pada masanya, Flappy Bird ini saya buat berawal dari keingintahuan saya untuk belajar membuat game dengan Delphi menggunakan framework ZenGL, tidak secara serius sih, hanya ingin buat-buat saja 😀 . Setelah mempelajari berberapa saat mencontoh game-game sampel dari framework ZenGL, akhirnya saya ‘mencoba’ untuk membuat sesuatu yang lebih serius. Yaitu me-remake game yang sangat digemari teman-teman saya pada waktu SMA dulu, dan game itu tak lain adalah FlappyBird. Yang saya remake disini hanyalah code dari program, sedangkan aset lain sprite dan background saya comot dari game aslinya :hammers
Kalau boleh jujur, konsep kerja dari game ini sangatlah simpel. Posisi horizontal (atau x) dari burung itu sendiri sebenarnya fixed atau tidak berubah-ubah. Yang bergerak hanyalah latar belakang dan ketinggian vertikal burung saja. Bagian yang tersulit menurut saya adalah membuat efek gravitasi dan collision detection. Untuk efek gravitasi, saya harus menyesuaikan kemiringan burung dan juga membuat gravitasi yang feel-nya lebih mirip dengan game asalnya. Sedangkan collision detection, alias deteksi tabrakan dengan pipa maupun tanah juga saya perhatikan supaya tidak terjadi glitch (bahasa keren dari cacat yang disebabkan oleh bugs).
Jadi, game yang saya remake ini juga ada fungsi dasar seperti game aslinya dan sedikit tambahan yaitu:
- Burung bisa terbang dengan klik pada layar, atau dengan menekan spasi.
- Skor dapat disimpan. Jika ingin mereset skor, hapus saja file ofbscr.dat.
- Latar belakang dan warna burung dapat diganti dengan menekan tombol atas-bawah dan kiri-kanan saat sebelum permainan dimulai.
- Dan yang terakhir, game ini sangat simpel, kira-kira hanya kurang dari 1000 baris kode menggunakan Pascal/Delphi yang dapat dicompile mengunakan FreePascal atau Delphi dengan tambahan library ZenGL. Alhasil, source code ini bisa dicompile baik di Windows, Linux, maupun OS X (kedua OS dibelakang tentu menggunakan compiler FreePascal).
- Tak lupa, lisensi saya berikan dengan lisensi GNU GPL versi 2.
Dan sebagian dari penampakannya… :games
Nah, itulah game FlappyBird remake dari saya. Dan tidak lupa, anda bisa mencoba game ini dengan mendownloadnya di sini. Juga, untuk source code dapat ditemukan di github. Source code ini dapat dicompile dengan Delphi dan Lazarus/FreePascal (kalo mau dibuka dari Lazarus, ubah ekstensi file OpenFBird.dpr menjadi OpenFBird.lpr), dan bisa diubah-ubah semaumu dan seenak kam asal tidak melanggar lisensi GNU GPL versi 2 saja dan jangan lupa pasang library ZenGL supaya bisa dicompile. 😀
Oke, segitu saja dari saya. Sebenarnya masih ada program game lain yang sudah pernah saya buat menggunakan ZenGL dan lebih serius, tetapi saya postingkan pada lain waktu saja. Dan tidak lupa, saya ucapkan terima kasih. :salam2
Note: Dulu saya share game ini ke google code, tetapi karena google code akan ditutup, maka saya pindahkan ke github.
Credits: Kepada Don Nguyen, creator asli dari game FlappyBird.